Jelang Perayaan Nataru 2020/2021, Polres Temanggung Lakukan Apel Gelar Pasukan

Jelang Perayaan Nataru 2020/2021, Polres Temanggung Lakukan Apel Gelar Pasukan

  21 Des 2020

Wartatemanggung | TEMANGGUNG – Dalam rangka kesiapan pengamanan Natal 2020 dan tahun baru 2021, Polres Temanggung menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2020, Senin (21/12/2020).

Apel dengan tema “Melalui apel gelar pasukan Operasi Lilin Candi 2020 kita tingkatkan sinergi Polri dengan instansi terkait dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 ditengah pandemi Covid-19” tersebut menghadirkan Bupati Temanggung H.M. Al Khadziq sebagai pembina apel, dihadiri pula oleh Ketua DPRD Kabupaten Temanggung Yunianto, S.P., Dandim 0706 Temanggung Letkol Czi Kurniawan Hartanto, S.E., M.Han., Kapolres Temanggung AKBP Benny Setyowadi, S.H., M.Si., Sekretaris BPBD Kabupaten Temanggung, dan Ketua Senkom Temanggung.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Temanggung selaku pembina apel membacakan amanat dari Kapolri bahwa apel gelar pasukan tersebut dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pengamanan perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

“Apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir baik aspek personil maupun prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda dan mitra kamtibmas lainnya,” kata Hadziq.

Lebih lanjut Hadziq menambahkan dalam kegiatan pengamanan tersebut mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19.

“Pengamanan ini tidak boleh dianggap sebagai agenda rutin tahunan biasa, sehingga menjadikan kita cenderung under estimate dan kurang waspada terhadap setiap dinamika perkembangan masyarakat. Jangan sampe perayaan Natal dan Tahun Baru menimbulkan klaster baru penyebaran Covid-19,” imbuhnya.

Sementara itu Kapolres Temanggung AKBP Benny Setyowadi S.I.K., M.Si. menerangkan, dalam Operasi Lilin kali ini Polres Temanggung telah mendirikan dua Pos Pengamanan dan pos pantau di setiap perbatasan.

“Dalam Operasi Lilin Candi 2020 kali ini, Polres Temanggung telah menyiapkan dua Pos Pengamanan yang berada di depan Mako Lama Polres Temanggung dan yang satu berada di depan Gereja Pantekosta Temanggung, serta beberapa pos pantau yang ada di perbatasan Kabupaten Temanggung,” kata Benny.

Lebih lanjut Kapolres menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Temanggung agar tidak melakukan perayaan baik Natal maupun Tahun Baru dengan berlebihan yang dapat mengundang kerumunan masyarakat.

“Kepada seluruh masyarakat yang ada di Kabupaten Temanggung, saya harapkan agar tidak berlebihan dalam merayakan Natal dan Tahun Baru, sehingga dapat menimbulkan kerumunan serta untuk mencegah timbulnya klaster baru Covid-19,” pungkasnya.