Pastikan Kelancaran Arus Menjelang Idul Fitri 1445 H, Kapolres Temanggung Cek Kesiapan Jalur serta Pos Pengamanan Dan Pelayanan Terpadu

Pastikan Kelancaran Arus Menjelang Idul Fitri 1445 H, Kapolres Temanggung Cek Kesiapan Jalur serta Pos Pengamanan Dan Pelayanan Terpadu

  03 Apr 2024

Wartatemanggung.com. TEMANGGUNG – Kapolres Temanggung, Polda Jateng AKBP Ary Sudrajat bersama Pejabat Utama Polres melakukan pengecekan kesiapan Pos Terpadu maupun Pos Strong Point diwilayah Kabupaten Temanggung, Hal tersebut dilakukan guna memastikan sejauh mana kesiapan sarana prasarana yang akan digunakan dalam pengamanan pada Ops Ketupat Candi-2024 utamanya dalam menghadapi arus mudik maupun balik.

Kapolres Temanggung AKBP Ary Sudrajat mengatakan kesiapan dalam rangka Ops Ketupat Candi-2024 menjadi prioritas utama dikarenakan Kabupaten Temanggung merupakan daerah jalur alternatif apabila ada kemacetan arus baik itu dari Exit Tol Kendal, Bawen yang kearah Kota Magelang, Jogja dan sebaliknya.

“Kita akan berusaha semaksimal mungkin melayani masyarakat yang akan melakukan mudik baupun balik serta liburan di tempat-tempat wisata, kami menghimbau agar masyarakat mentaati aturan yang ada dan mengutamakan keselamatan saat berkendara,“ Ujarnya. Rabu (3/4).

Sementara itu Kabag Operasional Kompol Yanu Fajar mengungkapkan dari pengecekan yang dilakukan untuk pendirian Pos Pelayanan maupun Strong Point secara umum sudah sesuai dengan rencana dan H-1 Operasi sudah siap sepenuhnya, sedangkan untuk penempatan personil pengamanan hari H berlakunya operasi sudah terisi dan tergelar dilapangan.

Kompol Yanu menjelaskan bahwa Polres Temanggung dalam Ops Ketupat Candi- 2024 ini mendirikan 1 Pos Pelayanan Terpadu yaitu di Rest Area Pringsurat dikarenakan daerah tersebut merupakan jalur utama arus pemudik dari arah Semarang-Jogjakarta maupun sebaliknya.

“Pos Pelayanan Terpadu terbuka selama 1X24 Jam yang terdiri dari personil gabungan TNI, Polri, Dinkes, Dinhub, PMI dan Ormas,“ Jelasnya.

Lebih lanjut Yanu mengatakan bahwa pada Ops Ketupat Candi-2024 beberapa titik yang menjadi perhatian adalah jalur dari jembatan Kali Progo sampai dengan Pertigaan Kranggan, Pasar Kliwon Temanggung, Perempatan Kedu, Pertigaan Sari Ayam, Pasar Legi Parakan dan Pasar Ngadirejo.

“Kita antisipasi kemacetan dari beberapa titik tersebut dengan mendirikan pos Strong Point yang nantinya penempatan personil menyesuaikan dengan situasi dan kondisi dilapangan sehingga masyarakat dapat terlayani dengan baik,“ Lanjutnya.

Pada kesempatan tersebt Kompol Yanu Fajar mengatakan tidak hanya pengamanan dan pengaturan jalur saja namun pihaknya juga menggelar personil di beberapa tempat yang dimungkinkan menjadi tempat berkumpulnya masyarakat maupun tempat destinasi wisata seperti Pikatan Water Park, Sigandul View, Posong, Sibajag dan lainnya.

“Silahkan beristirahat ditempat yang telah ditentukan demi keamanan serta kenyamanan bersama, ikuti arahan dari petugas apabia terjadi ketersendatan, pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan prima dan jadilah pelopor keselamatan dalam berlalulintas,“ Pungkasnya.

(Humas Polres Temanggung).