Pemilu 2024 : Polres Temanggung Bersama Instansi Terkait Lakukan Apel Pergeseran Pasukan

Pemilu 2024 : Polres Temanggung Bersama Instansi Terkait Lakukan Apel Pergeseran Pasukan

  13 Feb 2024

Wartatemanggung.com. Temanggung – Polres Temanggung, Polda Jateng beserta jajarannya melaksanakan apel pergeseran personel dalam rangka pengamanan pemilu tahap pemungutan dan penghitungan suara tahun 2024 pada hari Selasa, 13 Februari 2024, pukul 07.50 WIB, bertempat di halaman Gedung Pemuda Kabupaten Temanggung. Acara tersebut dibuka oleh Penjabat Bupati Temanggung, Drs. Harry Agung Prabowo, MM., Dandim 0706 Temanggung, Letkol Inf. Sriyono, S.I.P., dan Kapolres Temanggung, AKBP Ary Sudradjat, S.H., S.I.K., M.H., dengan Kasat Lantas Polres Temanggung, AKP Tri Afandi, SH.,MH., sebagai Komandan Apel.

Apel pergeseran pasukan tersebut dihadiri oleh Penjabat Bupati Temanggung, Dandim 0706 Temanggung, Kapolres Temanggung, Ketua DPRD Kabupaten Temanggung, dan sejumlah pejabat lainnya serta diikuti pasukan pengamanan dari berbagai elemen, termasuk Ton Gabungan Kapolsek dan Danramil, Ton TNI Kodim 0706 Temanggung, Ton Dalmas Polres Temanggung, serta Ton Pam TPS di berbagai kecamatan.

Kapolres Temanggung AKBP Ary Sudrajat mengatakan bahwa seluruh personil pengamanan dalam melaksanakan tugasnya sudah dibekali dengan buku saku maupun pengetahuan tentang tugas dan tanggungjawabnya masing-masing. Ia meminta kepada seluruh personil agar bertugas dengan ikhlas dan tidak melakukan pelanggaran.

“Lakukan tugas sebaik-baiknya, pedomani aturan yang ada dan tetap jaga netralitas,“ Ujarnya.

Kapolres menambahkan untuk personil pengamanan setelah pelaksanaan apel pergeseran pasukan sudah harus berada di tempat penugasannya masing-masing dan segera berkoordinasi dengan petugas dilapangan sehingga dalam pelaksanaan pengamanan petugas menjadi faham dan menguasai lingkungan sekitarnya.

“Bangun komunikasi dan segera menyesuaikan dengan lingkungan tugasnya, jaga kesehatan, laporkan apabila ada permasalahan dan yang tidak kalah penting jangan melakukan pelanggaran,“ Pungkasnya.

Sementara itu Drs. Harry Agung Prabowo, MM., selaku Penjabat Bupati Temanggung dalam amanatnya menjelaskan bahwa tahun 2024 merupakan tahun politik dengan pelaksanaan pemilihan Presiden, Wakil Presiden, dan sejumlah lembaga legislatif lainnya. Ia juga menyoroti jumlah TPS dan Daftar Pemilih Tetap di Kabupaten Temanggung.

“Tahun ini menjadi tahun politik yang sangat penting untuk bangsa Indonesia, dimana kami semua melaksanakan pemilihan Presiden – Wakil Presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota dan di Kabupaten Temanggung sendiri terdapat 2.518 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan Daftar Pemilih Tetap ( DPT) sebanyak 616.057 pemilih,” ungkapnya. Selasa (13/1).

Lebih lanjut Penjabat Bupati Temanggung mengungkapkan rasa syukur bahwa saat ini situasi Kamtibmas di Kabupaten Temanggung menjelang pelaksanaan Pemilu Terbuka 2024 berlangsung dengan aman dan kondusif dan mengapresiasi kepada TNI, Polri dan Instansi terkait bahwa selama rangkaian pemilu berjalan dengan baik.

“Pengamanan menjadi unsur utama yang harus kami pastikan dalam Tahap Pemilu Terbuka 2024, mulai dari proses persiapan, penyelenggaraan, peserta pemilu, dan seluruh masyarakat yang terlibat merasa aman hingga Tahapan Pemilu 2024 selesai.” imbuhnya.

Setelah kegiatan apel dilanjutkan dengan pemeriksaan personil maupun kelengkapan diri seperti, tas, jas hujan dan kelengkapan lainnya.

(Humas Polres Temanggung/AF).