Police Goes To School : Kasat Binmas Polres Temanggung Tekankan Generasi Muda Yang Cerdas, Bermoral, Berakhlak, Dan Kritis

Police Goes To School : Kasat Binmas Polres Temanggung Tekankan Generasi Muda Yang Cerdas, Bermoral, Berakhlak, Dan Kritis

  05 Feb 2024

Wartatemanggung.com. Temanggung – Satuan Binmas (Sat Binmas) Polres Temanggung menyelenggarakan kegiatan Police Goes to School pada hari Senin, tanggal 5 Februari 2024 di SMP Negeri 1 Kedu, Kabupaten Temanggung. Kasat Binmas Polres Temanggung, AKP Budiman, S.H., menjadi Inspektur Upacara dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan ini dilaksanakan pada pukul 07.00 WIB hingga 08:00 WIB di SMP Negeri 1 Kedu dengan melibatkan 740 siswa-siswi. Kegiatan police goes to school bertujuan untuk memberikan pembinaan, sosialisasi, dan pendekatan langsung kepada generasi muda, sebagai upaya meningkatkan kesadaran Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas) dan menciptakan rasa aman di masyarakat.

Kasat Binmas Polres Temanggung memberikan arahan dalam bentuk binluh, sosialisasi, dan pembinaan kepada siswa-siswi SMP Negeri 1 Kedu. Beberapa materi yang disampaikan berkaitan dengan anti bullying, pencegahan kenakalan remaja, atensi tentang larangan penggunaan knalpot tidak standar dan tertib berlalu lintas.

Dalam sambutannya, Kasat Binmas Polres Temanggung menyampaikan apresiasi kepada pihak sekolah atas kesempatan menjadi pembina upacara. Ia juga menyampaikan beberapa pesan penting untuk siswa siswi SMP Negeri 1 Kedu Temanggung.

“Kami mengapresiasi terhadap pelaksanaan upacara bendera yang berlangsung dengan khidmat ini sebagai bentuk cinta tanah air. Kegiatan police goes to school kami adakan merupakan wujud kerja sama antara sekolah dengan pihak kepolisian untuk menciptakan rasa aman, terjaga, dan kondusif. Dimana keamanan menjadi prioritas yang harus kita jaga bersama untuk pembangunan nasional yang berkesinambungan.” ungkap AKP Budiman, S.H. Senin (5/1).

Lebih lanjut AKP Budiman menekankan terkait bullying yang kerap terjadi di kalangan anak sekolah saat ini, baik secara verbal, non verbal, rasional, cyber bullying, maupun seksual bullying untuk dihindari. Terjadinya bullying sangat mengganggu kesehatan mental bagi korban sehingga perlu adanya upaya dari beberapa pihak untuk mengatasi permasalahan ini.

“Persoalan bullying di kalangan anak sekolah menjadi upaya yang harus kita atasi bersama. Dampak dari bullying sangat besar hingga mempengaruhi kesehatan mental dan kegiatan sehari-hari. Siswa siswi menjadi depresi, minder, dan kurangnya motivasi belajar. Mari kita atasi bersama dengan stop bullying dan ciptakan remaja cerdas untuk masa depan bangsa ini.” tegas Kasat Binmas Polres Temanggung.

Sementara itu, maraknya kejadian kenakalan remaja sekolah di era saat ini menjadi perhatian serius oleh pihak kepolisian. Sehingga dalam kegiatan police goes to school Kasat Binmas Polres Temanggung juga menekankan himbauan larangan vandalisme, tawuran, pesta miras, narkoba, dan kebut-kebutan di jalanan. Ia berharap anak muda saat ini memiliki kualitas, integritas dan intelektual yang tinggi sehingga memiliki karakter kepemimpinan yang patut untuk dibiasakan demi keberlangsungan generasi emas di masa yang akan datang. Hal ini akan terlaksana dengan adanya disiplin, belajar dengan rajin, dan berbudi pekerti luhur.

Kegiatan berlangsung dengan aman dan tertib. Seluruh peserta upacara mengikuti kegiatan dengan khidmat dan disiplin. Sebagai penutup, Kasat Binmas Polres Temanggung mengajak seluruh peserta upacara untuk menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas dan menjaga budaya keselamatan sebagai kebutuhan bersama.

“Pada kesempatan ini, kami Polres Temanggung mengajak kepada seluruh peserta upacara untuk bersama-sama membangun karakter remaja yang cerdas, bermoral, berakhlak, dan kritis. Selain itu, marilah ciptakan rasa aman dan nyaman di manapun dan kapanpun. Ciptakan kebiasaan berlalu lintas yang aman, tertib, dan lancar.“ Pungkas AKP Budiman, S.H.

(Humas Polres Temanggung/AF).