Menjelang Pemilu Terbuka 2024, Sat Binmas Polres Temanggung Berikan Latkatpuan dan Arahan Kepada Anggota Bhabinkamtibmas Dan Kanit Binmas

Menjelang Pemilu Terbuka 2024, Sat Binmas Polres Temanggung Berikan Latkatpuan dan Arahan Kepada Anggota Bhabinkamtibmas Dan Kanit Binmas

  26 Jan 2024

Wartatemanggung.com. Temanggung – Satbinmas Polres Temanggung, Polda Jawa Tengah melaksanakan kegiatan Latihan Peningkatan Kemampuan (Latkatpuan) dan arahan kepada anggota Bhabinkamtibmas dan Kanit Binmas Polsek jajaran Polres Temanggung. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka menghadapi Pemilu 2024 bertempat di Aula Polres Temanggung.

Dalam arahannya Wakapolres Temanggung Kompol Minarto, S.Kom, memberikan apresiasi terhadap kinerja Bhabinkamtibmas dan Kanit Binmas dimana dalam pelaksanaan tugas selama ini sudah sesuai dengan tugas dan tanggungjawabnya masing-masing yaitu menciptakan situasi yang aman dan kondusif ditengah-tengah masyarakat.

“Tidak hanya tugas di lapangan saja saya juga memonitor untuk pelaporan sudah sesuai dengan harapan walaupun ada beberapa yang harus ditingkatkan,“ Ujar Kompol Minarto.

Kompol Minarto menngungkapkan bahwa menjelang Pemilu 2024 ini Bhabinkamtibmas dituntut untuk lebih ekstra dalam bekerja melayani masyarakat dan yang tidak kalah pentingnya tetap jaga netralitas dan berikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

“Saat ini kepercayaan masyarakat terhadap polri semakin meningkat, di angka 87,8%, tolong dipertahankan, Ingat jangan bosan dan merasa sudah puas dengan kinerja rekan rekan sekalian. Selalu semangat dan optimis demi melayani masyarakat di desa binaan masing masing. Dan kabupaten temanggung pada umumnya,“ Lanjut orang nomor dua di Polres Temanggung tersebut.

Dalam kesempatan tersebut tidak lupa Kompol Minarto mengingatkan bahwa saat ini sudah memasuki masa Kampanye terbuka Pemilu 2024 maka dari itu ia meminta kepada seluruh peserta Latkatpuan untuk mempelajari buku saku yang telah dibagikan Polda Jateng yang berisi tentang panduan serta dasar hukum dalam pelaksanaan tugas dilapangan.

“Mari bekerja dengan ikhlas dan semoga apa yang kita lakukan tercatat sebagai amal,“ Pungkasnya.

Sementara itu ditempat yang sama Kasat Binmas Polres Temanggung AKP Budiman mengatakan pentingnya pertahankan pelaporan Bhabinkamtibmas serta mengharap para Bhabinkamtibmas beserta Kanit Binmas dapat mendukung aktif terhadap kegiatan unggulan Polri seperti Siskamling, Satpam Smart, Gebyar Satkamling, Aplikasi Sitangkas dan Ada Polisi.

“Dengan berkembangnya tehnologi yang semakin maju kita harus dapat mengikutinya, Siskamling merupakan wujud kepedulian masyarakat dalam menjaga lingkungan sekitar maka dari itu mari kita aktifkan dan galakkan kembali,“ Ungkapnya.

Mengakhiri sambutannya AKP Budiman menyampaikan terkait arahan Kakorbinmas Baharkam Polri, Irjen Pol Royke Harry Langie, SIK, MH, terkait Astagrata sebagai dasar dalam pelaksanaan kegiatan fungsi Binmas di bidang preemtif, upaya pencegahan kejahatan melalui mitigasi potensi gangguan, modernisasi Bhabinkamtibmas di era digital, serta pentingnya sosial engineering dan sosial intervensi.

“Semua peserta diharapkan memahami dan menerapkan arahan serta penekanan yang disampaikan. Dalam rangka membangun kepercayaan masyarakat terhadap Polri, para peserta diingatkan untuk selalu mengoptimalkan peran Bhabinkamtibmas dan Kanit Binmas, menjaga pelaporan dan dukungan terhadap program-program Polda Jateng, serta terus berkontribusi dalam menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat. Kesuksesan kegiatan ini mencerminkan komitmen bersama untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan Polri kepada masyarakat.“ Pungkasnya.

(Humas Polres Temanggung/AF)