Satu Rumah Warga Jumo Ludes Dilalap Sijago Merah, Kerugian Ditaksir Mencapai Ratusan Juta

Satu Rumah Warga Jumo Ludes Dilalap Sijago Merah, Kerugian Ditaksir Mencapai Ratusan Juta

  22 Jan 2024

Wartatemanggung.com. TEMANGGUNG, – Polres Temanggung, Polda Jawa Tengah mendatangi tempat kejadian perkara (TKP) atas kasus kebakaran rumah tepatnya di Dusun Toyomerto, Desa Sukomarto, Kecamatan Jumo, Kabupaten Temanggung.

Kapolres Temanggung AKBP Ary Sydrajat melalui Kapolsek Jumo AKP Suparno mengatakan kebakaran terjadi di rumah milik Bapak berinisial ZA (34 tahun), yang berlokasi di Dusun Toyomerto dan dari keterangan para saksi dilapangan bahwa asap dan kepulan api diketahui sudah melalap di atap rumah korban yang saat itu dalam keadaan kosong dan sempat menjalar di atap tetangga.

“Warga bersama-sama berusaha memadamkan api dan segera menghubungi petugas Damkar Kabupaten Temanggung dan Polsek Jumo. Kondisi terkendali dengan baik, meskipun api sempat meluas di dalam rumah dan membakar barang-barang milik korban“ Terang Suparno. Senin (22/1).

AKP Suparno menjelaskan kronologis kejadian bahwa api diduga berasal dari atap rumah berukuran 7×8 meter yang terbuat dari kayu. Sementara penyebab pasti kebakaran belum diketahui namun kebakaran diduga kuat akibat arus pendek listrik (konsleting) di dalam rumah korban dan akibat kejadian tersebut rumah ludes dilalap sijago merah.

“Saat kejadian, korban sedang tidak berada di rumah karena tengah mencari rumput. Sehingga tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini. Kerugian material yang dialami korban diperkirakan mencapai Rp 100.000.000,00, sementara dampak kebakaran juga dirasakan oleh tetangga korban dengan mengalami kerugian sekitar Rp 10.000.000,00 pada atap rumah berukuran 3×2 meter.” Jelasnya.

AKP Suparno mengungkapkan petugas yang datang ke Tempat Kejadian Perkara (TKP) melibatkan 3 personil dari Polsek Jumo, 1 personil dari Koramil, warga sekitar, dan Damkar Kabupaten Temanggung. Tindakan cepat dan sinergi dari semua pihak berhasil memadamkan api pada pukul 11.30 WIB.

Dalam menanggapi kejadian ini, pihak Kepolisian melakukan langkah-langkah standar seperti menerima laporan, melakukan pemeriksaan di TKP, mencatat keterangan korban dan saksi-saksi, serta melaporkan kejadian kepada pimpinan.

Walaupun kebakaran ini menyebabkan kerugian materi yang signifikan, alangkah baiknya jika kita melihat sisi positif dari kejadian ini. Gotong-royong masyarakat sekitar, kerja sama dengan aparat keamanan, dan respons cepat Damkar Kabupaten Temanggung beserta personil Polsek Jumo dan Koramil menjadi cerminan kuatnya kebersamaan dalam cepat tanggap mengatasi bencana.

Kepolisian Resor Temanggung mengimbau agar masyarakat tetap waspada terhadap faktor-faktor risiko kebakaran di sekitar rumah. Selalu periksa instalasi listrik secara berkala untuk keselamatan keluarga dan kebaikan bersama.

(Humas Polres Temanggung/AF