Tanggap Bencana, Polsek Tretep Terjunkan Personil Bantu Penanganan Bencana Tanah Longsor

Tanggap Bencana, Polsek Tretep Terjunkan Personil Bantu Penanganan Bencana Tanah Longsor

  15 Jan 2024

Wartatemanggung.com. Temanggung, Polsek Tretep, Polres Temanggung, Polda Jawa Tengah, memberikan respon cepat terhadap bencana alam tanah longsor yang terjadi di beberapa lokasi di wilayah Temanggung akibat curah hujan tinggi .

Hal ini dibuktikan dengan adanya laporan masyarakat ke Polsek Tretep bahwa pada hari Kamis, 11 Januari 2024, sekitar pukul 15.00 WIB telah terjadi bencana tanah longsor yang terjadi di dua lokasi yaitu, Jalan Kampung Dusun Tlodas, Desa Donorojo, Kecamatan Tretep, Kabupaten Temanggung dan kandang kambing permanen milik saudara Sumardiyono, Desa Tretep RT 01 RW 02, Kecamatan Tretep, Kabupaten Temanggung.

Menanggapi hal tersebut, Kapolsek Tretep AKP Sumaryatin langsung gerak cepat dengan menurunkan personil untuk melakukan pengecekan dan survei ke lokasi bencana guna memastikan kebenaran laporan tersebut.

“Kami sudah melakukan pengecekan dan memang benar terjadi bencana tanah longsor di dua lokasi tersebut. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.” ujar Kapolsek Tretep AKP Maryatin.

AKP Maryatin mengungkapkan bahwa kejadian tanah longsor di Jalan kampung Dusun Tlodas, Donorojo, Tretep Kabupaten Temanggung, terjadi akibat hujan deras dengan intensitas tinggi yang cukup lama sehingga mengakibatkan tebing bahu jalan setinggi kurang lebih 8 meter dan panjang 10 meter longsor menutup akses jalan Dusun Tlodas.

Sementara itu, kejadian di lokasi kedua dialami oleh saudara Sumardiyono (39 tahun) dan Saudari Haryanti (39 tahun), petani yang tinggal di Desa Tretep RT 01 RW 02, Kecamatan Tretep, Kabupaten Temanggung, mengalami kerugian akibat tanah longsor menimpa kandang kambing milik mereka, bangunan kandang kambing berukuran panjang 8 meter dan tinggi 3 meter jebol tertimpa material longsoran.

“Untuk kerugian material ditaksir sekitar kurang lebih Rp 10.800.000,-,” Ungkap Kapolsek. Jumat (12/1).

Kapolsek Tretep telah berkoordinasi dengan melibatkan Koramil Wonoboyo, BPBD, SAR Gunung Perahu, Pemdes Donorojo dan Tretep untuk bersama-sama menangani kejadian ini dengan pengamanan dan pembersihan material tanah.

“Tim kami berkomitmen untuk memberikan bantuan segera kepada warga terdampak. Kami bekerja sama dengan berbagai pihak untuk menjamin respons yang terkoordinasi dan efektif.” pungkas Kapolsek Tretep.

Kapolsek Tretep menghimbau kepada masyarakat untuk waspada dengan bencana alam yang dapat terjadi sewaktu-waktu akibat dari curah hujan yang tinggi saat musim hujan terutama di daerah perbukitan dan daerah rawan longsor.

(Humas Polres Temanggung/AF)