Evaluasi Dan Monitoring Etle Drone, Tim Etle Ditlantas Polda Jateng Kunjungi Satlantas Polres Temanggung

Evaluasi Dan Monitoring Etle Drone, Tim Etle Ditlantas Polda Jateng Kunjungi Satlantas Polres Temanggung

  05 Des 2023

Wartatemanggung.com. TEMANGGUNG – Tim Etle Ditlantas Polda Jateng bersama Satlantas Polres Temanggung melaksanakan monitoring dan evaluasi terhadap penegakan hukum di Satlantas Polres Temanggung serta melakukan sosialisasi terhadap penegakan hukum dan pelanggar lalulintas dengan menggunakan sistem Etle Drone serta evaluasi terhadap kendala yang dialami. Kegiatan tersebut dilaksanakan tepatnya di perempatan Terminal Madureso Temanggung. Selasa (5/12).

Kompol Indra Hartono selaku Kasigar Subditgakkum Ditlantas Polda Jateng didampingi Kasat Lantas AKP Felix Mu mengatakan selama melakukan pengawasan selama 2 menit dengan menerbangkan Drone Etle petugas mendeteksi terdapat 20 pelanggaran yang dilakukan oleh pengguna jalan yang melintas di perempatan terminal tersebut.

“Pelanggaran didominasi oleh masyarakat yang tidak memakai Helm keselamatan serta sabuk pengamanan,“ terangnya.

Lebih lanjut Kompol Indra Hartono mengatakan tidak hanya pengawasan dan evaluasi namun kedatangan tim Polda ke Polres Temanggung juga dalam rangka melakukan pelatihan kembali kepada anggota Satlantas Polres Temanggung yang sebelumnya telah melaksanakan pelatihan di Semarang dengan harapan apabila Drone ini sudah didistribusikan ke wilayah anggota tersebut sudah mahir menggunakan dan Etle drone sudah siap digunakan di Polres Temanggung.

“Etle drone ini mengcover etle statis dan etle handheld dan jangkauannya bisa diatas 1 km serta bisa mengudara selama 45 menit dan diatas 100 meter,“ Ungkapnya.

Tidak lupa pada kesempatan tersebut Kompol Indra meminta kepada masyarakat agar selalu mematuhi aturan lalulintas yang berlaku sehingga keselamatan antar pengguna jalan terpenuhi sehingga apabila Drone Etle nanti sudah aktif digunakan tidak terkena pelanggaran.

“Jadikan keselamatan sebagai kebutuhan dan patuhilan aturan yang ada,“ Pungkasnya.

Ditempat yang sama Kasatlantas Polres Temanggung AKP Felix Mu mengungkapkan bahwa selama ini pihaknya aktif melakukan penindakan utamanya dengan sasaran Knalpot Bronk atau kenalpot tidak standart, dikarenakan knalpot brong sangat mengganggu pengguna jalan yang lain.

(Humas Polres Temanggung).