Pastikan Kesiapan Personil Dan Sarpras Pada Operasi Mantap Brata Candi 2023-2024, Polres Temanggung Laksanakan Apel Gelar Pasukan

Pastikan Kesiapan Personil Dan Sarpras Pada Operasi Mantap Brata Candi 2023-2024, Polres Temanggung Laksanakan Apel Gelar Pasukan

  21 Okt 2023

Wartatemanggung.com. TEMANGGUNG – Polres Temanggung, Polda Jateng menggelar apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata Candi-2023, kegiatan tersebut diikuti oleh pasukan TNI, Polri, Satpol PP, Dinhub, Linmas, Pokdar Kamtibmas serta gabungan ormas yang ada di Kabupaten Temanggung bertempat di halaman Gedung Pemuda Kabupaten Temanggung.

Kapolres Temanggung AKBP Ary Sudrajat selaku pembina apel didampingi Dandim 0706 Tmg serta Setda Kabupaten Temanggung kepada peserta apel mengatakan bahwa Pemilu Tahun 2024 adalah pesta rakyat terbesar yang akan menjadi bukti kematangan demokrasi sekaligus menjadi titik penetuan masa depan bangsa dikarenakan Pemilu 2024 memilih presiden maupun kepala daerah dilaksanakan pada saat yang sama.

“Apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personil maupun sarana prasarana Operasi Mantap Brata 2023-2024, sehingga pemilu 2024 diharapkan dapat terselenggara dengan aman, damai dan kondusif,“ Ujarnya. Kamis (19/10).

AKBP Ary Sudrajat meminta kepada seluruh komponen bangsa untuk ikut berpartisipasi aktif guna menyukseskan Pemilu 2024 terlebih lagi pada Pemilu 2024 kali ini dilaksanakan secara serentak dengan rentang waktu yang berdekatan disamping itu wilayah yang luas serta gegrafis yang beragam serta pemilih yang besar menjadi faktor yang mendapatakan perhatian khusus kita semua.

“Guna mengamankan Pemilu 2024 Polri didukung oleh TNI, Instansi terkait dan Mitra Kamtibmas lainnya menggelar Operasi Mantap Brata Tahun 2023-2024 selama 222 hari sejak tanggal 19 Oktober 2023 sampai dengan 20 Oktober 2024 dan diikuti oleh 261.695 personil di seluruh Indonesia,“ Ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut Kapolres Temanggung menjelaskan bahwa sebagai dukungan terhadap operasi mantap brata 2023-2024 ini, Polri juga menggelar operasi Nusantara Cooling System 2023-2024 guna membangun narasi besar persatuan dan kesatuan serta kemajuan bangsa diatas kepentingan kelompok.

“Inti dari operasi tersebut adalah guna mengantisipasi polarisasi akibat berita Hoaks, isu sara, propaganda dan black campaign sehingga operasi tersebut dilengkapi dengan Satgas anti money politics serta Satgas Pemilu Damai,“ Jelasnya.

Orang nomor satu di Polres Temanggung tersebut mengatakan bahwa tidak hanya pengamanan pemilu saja namun semua komponen masyarakat juga harus mewaspadai ancaman terjadinya bencana alam maupun kasus terorisme sehingga hal-hal yang tidak kita inginkan dapat diantisipasi sedini mungkin.

“Potensi terjadinya bencana alam di Kabupaten Temanggung sangat tinggi mengingat geografis daerah yang beraneka ragam, walaupun tidak kita inginkan namun apabila hal tersebut terjadi kita sudah siap mengantisipasinya dan hal tersebut tidak akan terlaksana tanpa adanya sinergi semua pihak,“ Imbuhnya.

Apel gelar pasukan tersebut dilanjutkan dengan pemeriksaan kendaraan dinas serta sarana prasarana pendukung operasi.

(Humas Polres Temanggung).