Pastikan Kesiapsiagaan Anggota Pada Pemilu Tahun 2024, Polres Temanggung Gelar Latihan Gabungan

Pastikan Kesiapsiagaan Anggota Pada Pemilu Tahun 2024, Polres Temanggung Gelar Latihan Gabungan

  23 Sep 2023

Wartatemanggung.com. TEMANGGUNG – Polres Temanggung, Polda Jateng melaksanakan latihan Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) Pemilu 2024, kegiatan tersebut diikuti oleh personil Dalmas Polres Temanggung baik inti maupun kerangka, Satlantas Polres Temanggung, tim negosiator dan tim lainnya serta peleton dari TNI Kodim 0706 Temanggung.

Kapolres Temanggung AKBP Ary Sudrajat melalui Kabag Ops Kompol Yanu Fajar Saptono di sela-sela latihan mengatakan bahwa latihan Sispamkota dilaksanakan guna mengecek kesiapan personil dalam pengamanan pada Pemilu Tahun 2024 yang melibatkan seluruh personil Polri di bantu TNI.

“Latihan dilakukan agar nantinya anggota dalam menghadapi kejadian riil dilapangan ada gambaran sehingga dalam mengambil langkah sesuai dengan tupoksinya masing-masing disesuaikan perkembangan situasi yang terjadi dilapangan,“ Ujarnya. Jumat (22/9).

Lebih lanjut Kabag ops menjelaskan bahwa dalam latihan Sispamkota tersebut anggota benar-benar di setting sedemikian rupa bagaimana cara bertindak apabila situasi masih hijau, kuning dan merah.

“Ada tiga tingkatan situasi yaitu hijau apabila situasi landai dan kondusif kemudian kuning apabila ada eskalasi massa yang akan menyampaikan pendapat dan situasi merah adalah dimana massa berubah menjadi anarkis sehingga membutuhkan penindakan khusus dengan tujuan untuk mencegah tindakan anarkis tidak untuk menyakiti,“ Lanjutnya.

Kabag ops menambahkan latihan Sispamkota akan rutin dilaksanakan sehingga anggota benar-benar siap apabila terjadi situasi yang membutuhkan kehadiran anggota dilapangan.

(Humas Polres Temanggung).