Antisipasi Balap Liar dan Konvoi Kendaraan, Polres Temanggung Gencar Patroli dan Razia

Antisipasi Balap Liar dan Konvoi Kendaraan, Polres Temanggung Gencar Patroli dan Razia

  25 Mar 2023

Wartatemanggung.com. Temanggung – Menjelang berbuka puasa banyak aktifitas yang dilakukan oleh masyarakat utamanya yang beragama Islam, salah satunya adalah Ngabuburit atau berkumpul menunggu datangnya saat berbuka.

Banyak hal bisa saja terjadi saat anak-anak muda berkumpul pada sore menjelang berbuka tersebut seperti Balap liar, konvoi kendaraan maupun membunyikan petasan.

Kapolres Temanggung, Polda Jateng AKBP Agus Puryadi melalui Kabag Ops Kompol Yanu Fajar mengatakan, Polres Temanggung hadir ditengah-tengah masyarakat untuk menciptakan situasi yang kondusif utamanya menjelang saat berbuka puasa dengan cara secara aktif melakukan patroli serta himbauan kepada masyarakat untuk tidak melakukan balap liar maupun konvoi kendaraan serta membunyikan petasanatau kembang api sesuai Undang-undang darurat nomor 12 Tahun 1951 tentang Bunga Api.

“Polres Temanggung, Polda Jateng hadir untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat dan untuk menjaga ketenangan, kenyamanan dalam melaksanakan ibadah puasa serta guna mengantisipasi kegiatan masyarakat yang dapat mengganggu ketertiban umum seperti balap liar dan lain sebagainya,” Terangnya. Sabtu (25/3).

Kompol Yanu mengungkapkan tidak hanya patroli pada sore hari menjelang berbuka puasa namun selama bulan Ramadhan Polres Temanggung juga melaksanakan patroli Sahur dan patroli Tarawih, Ia menjelaskan tidak hanya patroli saja namun apabila ditemukan pelanggaran seperti Knalpot Bronk, Tawuran atau perang sarung dan juga balap liar maka akan dilakukan penindakan.

“Segala upaya telah dilakukan dalam menjaga situasi yang kondusif di Kabupaten Temanggung, penindakan pelanggaran Knalpot Bronk juga merupakan salah satu prioritas Polres dalam menjaga kenyamanan masyarakat dalam beribadah,” Lanjutnya.

Dalam kesempatan tersebut tidak lupa Kompol Yanu menghimbau kepada masyarakat apabila akan melaksanakan sholat tarawih maupun bepergian untuk memastikan benar keamanan rumah seperti mematikan kompor gas, sakelar listrik  serta mengunci pintu rumah sehingga dapat mengurangi terjadinya hal-hal  yang tidak diinginkan seperti kebakaran maupun pencurian.

“Selalu cek sebelum beribadah maupun bepergian apalagi kalau rumah dalam kondisi kosong,” Pungkasnya.

(Humas Polres Temanggung).