Menjelang Bulan Ramadhan, Polres Temanggung Patroli Tempat Wisata Air dan Berikan Himbauan Kamtibmas

Menjelang Bulan Ramadhan, Polres Temanggung Patroli Tempat Wisata Air dan Berikan Himbauan Kamtibmas

  22 Mar 2023

Wartatemanggung.com. Temanggung – Menjelang puasa Ramadhan banyak tradisi yang dilakukan oleh masyarakat utamanya di Kabupaten Temanggung Jawa Tengah. Tradisi tersebut merupakan tradisi turun temurun seperti Nyadran, Padusan, Bersih Bumi dan lain sebagainya.

Kapolres Temanggung, Polda Jateng AKBP Agus Puryadi melalui Kasat Samapta AKP Suwondo mengatakan, dalam rangka menciptakan situasi yang kondusif pada saat masyarakat melaksanakan Padusan, pihaknya melakukan patroli ketempat Wisata air juga tempat lainnya yang digunakan oleh masyarakat berkumpul baik itu untuk liburan maupun Padusan menyambut bulan Ramadhan.

“Kali ini anggota Sat Samapta melaksanakan patroli di Kolam renang Pikatan dan juga beberapa lokasi lainnya,” Terangnya. Rabu (22/3).

Lebih lanjut AKP Suwondo menjelaskan tujuan dilakukan patroli maupun pengamanan adalah untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat yang melakukan padusan, disamping itu juga mengantisipasi segala bentuk gangguan seperti Copet, kemacetan dan lain sebagainya.

“Dengan adanya kehadiran Polisi ditengah-tengah masyarakat secara otomatis masyarakat dalam beraktifitas akan menjadi tenang dan kegiatan yang dilakukan juga sebagai antisipasi terjadinya pencurian maupun kemacetan,” Imbuhnya.

AKP Suwondo menjelaskan budaya Padusan di Kabupaten Temanggung menjadi salah satu tradisi masyarakat menjelang bulan Ramadhan, ritual Padusan biasanya dilakukan beramai-ramai dengan maksud sebagai sarana untuk mebersihkan diri atau bersuci sebelum memasuki bulan Ramadhan dimulai dari pagi hari hingga sore hari menjelang waktu Maghrib.

“Padusan ini rutin dilaksanakan masyarakat di Temanggung, dengan berkumpulnya masyarakat secara bersama-sama dapat menimbulkan beberapa kerawanan maka dari itu kita lakukan pengamanan dan patroli tidak lupa himbauan Kamtibmas juga kita sampaikan,” Ungkapnya.

Tidak lupa dalam kesempatan tersebut pihaknya menghimbau kepada masyarakat maupun pengelola wisata agar memperhatikan keamanan dan juga keselamatan serta yang tidak kalah penting protocol kesehatan juga harus diperhatikan. Para pengunjung apabila menaruh barang berharga agar dititipkan ditempat yang telah disediakan serta anak-anak harus dengan pengawasan.

“Utamakan keselamatan, Kesehatan dan juga kenyamanan, segera laporkan apabila menjumpai suatu tindak kejahatan, informasi maupun laporan dapat disampaikan melalui Call Center 110, WA Lapor Pak Kapolres maupun contak personil yang sudah kita share ke pengelola,” Pungkasnya.

(Humas Polres Temanggung)