Gelar Tes Kesamaptaan Jasmani, Kabag SDM ; Sebagai Sarana Penunjang Karir Anggota

Gelar Tes Kesamaptaan Jasmani, Kabag SDM ; Sebagai Sarana Penunjang Karir Anggota

  28 Feb 2023

Wartatemanggung.com. Temanggung – Guna mengetahui kemampuan fisik anggota Polri maupun ASN Polri, Polres Temanggung, Polda Jateng menggelar Tes Kesamaptaan Jasmani. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh anggota dan dilaksanakan setiap 6 bulan sekali.

Kapolres Temanggung AKBP Agus Puryadi melalui Kabag SDM Kompol Setyabudi Waspada mengatakan Tes kesamaptaan jasmani merupakan salah satu bahan pertimbangan dalam Pembinaan karier personil Polri dan sebagai tolak ukur kesiapan fisik anggota dalam menjalankan tugas.

“Tes Kesamaptaan Jasmani kita laksanakan selama 3 hari di Stadion Bhumipala Temanggung dan semua anggota baik Polri maupun ASN wajib mengikutinya,” Terangnya, Selasa (28/2).

Lebih lanjut Kompol Waspada mengatakan sebelum dilaksanakan tes kesamaptaan jasmani semua anggota juga diwajibkan untuk diperiksa kesehatannya baik itu tekanan darahnya serta denyut nadinya, sehingga anggota benar-benar dalam kondisi fit dan tidak sakit saat mengikuti tes tersebut.

“Kondisi Kesehatan harus dipastikan baik dulu baru mengikuti tes, jangan sampai terjadi cidera maupun hal-hal yang tidak diinginkan,” lanjutnya.

Sementara itu Kasubbag Watpers Ipda Ibnu Anwar pada saat mengawasi jalannya tes kesamaptaan menambahkan tes fisik yang dilaksanakan anggota yaitu lari selama 12 Menit mengitari Stadion dilanjutkan pull up, push up, sit up dan lari suttle run.

“Dengan dilakukannya tes kesamaptaan jasmani ini dapat diketahui kondisi fisik maupun Kesehatan anggota sehingga diharapkan dalam bekerja bisa lebih maksimal dan presisi,” Ungkapnya.

Ibnu Anwar juga mengatakan bahwa tes kesamaptaan jasmani juga merupakan salah satu penunjang pengembangan karir personil seperti kenaikan pangkat, Pendidikan pengembangan (Dikbang), maupun penugasan khusus lainnya.

“Hasil dari tes Kesamaptaan nantinya akan digabungkan dengan tes beladiri dan tes-tes yang lain guna mendukung dalam menunjang karir anggota,” Pungkasnya.

(Humas Polres Temanggung).