Amankan Gereja, Polres Temanggung Terjunkan Anjing Pelacak Dan Tim Inafis

Amankan Gereja, Polres Temanggung Terjunkan Anjing Pelacak Dan Tim Inafis

  24 Des 2022

Wartatemanggung.com. Temanggung – Untuk memastikan perayaan Natal dan Tahun BAru di Kabupaten Temanggung aman, Polres Temanggung Polda Jateng melaksanakan kegiatan Sterilisasi Gereja sebagai langkah awal dalam rangkaian pengamanan perayaan Natal Tahun 2022 pada Ops Lilin – Candi 2022.

Kapolres Temanggung AKBP Agus Puryadi menerangkan sebelum pelaksanaan ibadah pihaknya menerjunkan personil khusus untuk melakukan steririsasi gereja meliputi personil Dalmas, satwa, dan juga tim Inafis Polres Temanggung.

“Kita libatkan beberapa personil khusus untuk melakukan sterilisasi dengan menggunakan anjing pelacak dan juga alat seperti metal detector maupun sinar infra red dari inafis Polres Temanggung,” terangnya, Sabtu (24/12).

Dalam kesempatan tersebut Kapolres juga mengatakan bahwa pengamanan kali ini pihaknya all out dan dalam pelaksanaan pengamanan juga memperhatikan betul keselamatan dan keamanan baik itu petugas, jamaat maupun masyarakat di sekitar lokasi.

“Tidak hanya sterilisasi gereja, namun bagaimana pengamanan pemeriksaan jamaat mulai dari kedatangan dan juga jalan escape apabila terjadi keadaan darurat seperti bencana maupun teror dan lain sebagainya,” ungkap Kapolres Temanggung saat turun langsung dalam sterilisasi di Gereja Pantekosta Temanggung.

Orang nomor satu di Polres Temanggung tersebut juga mengungkapkan tidak hanya pengamanan personil polri saja, namun pihaknya juga memberdayakan CCTV untuk memantau dan mengawasi setiap kegiatan yang dilakukan, sehingga diharapkan masyarakat dalam melaksanakan kebaktian maupun perayaan Natal menjadi aman dan nyaman tanpa khawatir terjadi suatu ancaman.

“Ada 16 titik CCTV yang terpasang dan sudah kita cek berfungsi dengan baik sehingga dapat memudahkan dalam pengawasan,” Jelasnya.

Kapolres juga menghimbau untuk masyarakat agar tetap meperhatikan protokol kesehatan serta tidak uevoria secara berlebihan dalam merayakan pergantian tahun dan tetap memperhatikan keselamatan sebagai kebutuhan.

“Tidak hanya tempat ibadah dan tempat perayaan malam tahun baru saja namun tempat tujuna wisata juga menjadi perhatian khusus pengamanan,” Pungkasnya.

(Kang Rozi).