Si Propam Polres Temanggung Melaksanakan Gaktiblin Anggota Bhabinkamtibmas

Si Propam Polres Temanggung Melaksanakan Gaktiblin Anggota Bhabinkamtibmas

  16 Des 2022

Wartatemanggung.com. Temanggung – Seksi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polres Temanggung melaksanakan penegakan ketertiban dan disiplin (Gaktiblin) anggota Bhabinkamtibmas Polsek Jajaran Polres Temanggung bertempat di halaman Mako Polres Temanggung. Jum’at (16/12).

Kapolres Temanggung Polda Jateng AKBP Agus Puryadi melalui Wakapolres Kompol Minarto di dampingi Kasi Propam AKP Tasari menerangkan kegiatan Gaktiblin merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan Seksi Propam, kegiatan tersebit bertujuan untuk meminimalisir pelanggaran yang dilakukan oleh anggota Polri.

“Hari ini sengaja kita laksanakan Gaktiblin kepada anggota Bhabinkamtbmas Polsek Jajaran Polres Temanggung meliputi kelengkapan surat data diri sesuai ketentuan dalam Peraturan Kapolri no 2 Tahun 2016 pasal 28 huruf A meliputi KTA, KTP, NPWP, SIM dan lain-lain,” Terang Wakapolres.

Sementara itu Kasi Propam Polres Temanggung AKP Tasari menjelaskan dari hasil pemeriksaan tersebut terdapat 15 aggota polri yang kedapatan melanggar ketentuan sebagaimana diatur dalam Peraturan Kapolri no 2 Tahun 2016 yaitu sikap tampang dan penggunaan pakaian dinas polri serta atribut dan kelengkapannya.

“Ada 15 personil yang kita lakukan penindakan dengan rincian 10 anggota rambutnya tidak rapi 3 anggota berjenggot Panjang, 1 anggota berjambang Panjang dan 1 anggota atribut tidak sesuai peruntukannya,” ujar Tasari.

Lebih lanjut Tasari mengatakan bagi anggota yang melakukan pelanggaran dilakukan penindakan ditempat seperti memotong rambut, jenggot dan jambang.

“Sikap tampang dan penampilan yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku sebagaimana Peraturan Kapolri no 2 Tahun 2016 pasal 28 angka 7 meliputi rambut melebihi 2 cm di bawah kerah baju, tidak berdandan berlebihan, menggunakan makeup yang wajar dan pantas, tidak mencolok serta menggunakan warna natural dan panjang kuku maksimal 2mm di potong rapi dan tidak diwarnai,” lanjutnya.

Pada kesempatan tersebut AKP Tasari meminta kepada seluruh personil agar tidak melakukan pelanggaran sekecil apapun, dikarenakan Bhabinkamtibmas merupakan garda terdepan Polri dalam melayani masyarakat.

“Laksanakan tugas dengan Ikhlas dan jangan melakukan pelanggaran serta layani masyarakat dengan sebaik-baiknya,” Pungkasnya.

(Kang Rozi).