Cegah Faham Radikalisme, Polres Temanggug Gandeng Mahasiswa Di Kampus UNISNU Temanggung

Cegah Faham Radikalisme, Polres Temanggug Gandeng Mahasiswa Di Kampus UNISNU Temanggung

  14 Nov 2022

Wartatemanggung.com. Temanggung – Berbagai upaya telah dilakukan Polres Temanggung dalam penanggulangan penyebaran faham radikalisme utamanya yang menyasar kalangan mahasiswa.

Kapolres Temanggung AKBP Agus Puryadi melalui Kepala Urusan Pembinaan operasi (KBO) Sat Intelkam IPTU Muh Yasin dalam Seminar Nasional Pendidikan Anti Radikalisme yang dilaksanakan di Aula Institut Islam Nahdhlotul Ulama (INISNU) mengatakan dalam menangulangi radikalisme yang bercirikan terorisme harus dilakukan bersama-sama dengan seluruh lembaga pendidikan.

” Tema seminar adalah memperkokoh peran mahasiswa dan generasi muda dalam menangkal radikalisme, hal ini selaras dengan kegiatan kepolisian dalam mencegah faham radikalisme dikalangan kampus,” terangnya. Senin (14/11).

lebih lanjut Muh Yasin mengatakan pencegahan paham radikalisme dan terorisme khususnya pada lingkungan perguruan tinggi sangat penting dikarenakan usia mahasiswa sangat rentan dengan pengaruh paham dari luar.

“Mahasiswa memiliki kebebasan dan usia transisi menuju usia dewasa, maka dari itu pemahaman tentang jiwa nasionalisme dan kecintaan terhadap NKRI sangat penting,” lanjutnya.

Pada kesempatan tersebut M Yasin memberikan beberapa cara dalam menangkal faham radikalisme yaitu dengan memparkaya wawasan keagamaan yang moderat, terbuka dan toleran serta membentengi keyakinan diri dengan selalu waspada terhadap provokasi.

“Mari kita peduli dengan sekitar, tanamkan jiwa nasionalisme yang tinggi dan cintailah negeri sendiri serta bentengi diri dengan agama yang kuat,” Tutupnya.

Kegiatan Seminar tersebut diikuti oleh Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) sebanyak 150 orang yang berasal dari 22 Universitas Islam di Jateng.

(Kang Rozi).