Kapolres Temanggung : Foto Dapat Menceritakan Situasi Dilapangan

Kapolres Temanggung : Foto Dapat Menceritakan Situasi Dilapangan

  13 Jan 2021

wartatemanggung – Polres Temanggung, I Dokumentasi itu penting, karena dengan dokumentasi foto kita bisa menggambarkan atau menceritakan suatu peristiwa yang terjadi dilapangan.

Hal tersebut disampaikan Kapolres Temanggung AKBP Benny Setyowadi pada pelatihan kehumasan dan PID yang diikuti oleh Humas jajaran serta operator media sosial Polres Temanggung yang bertempat di Aula Sindoro Sumbing, Rabu (13/1/21).

Benny mengatakakan bahwa dengan pengambilan foto yang baik tanpa diberikan caption pun orang sudah mengetahui apa yang terjadi dan berharap dengan adanya pelatihan tersebut anggota Humas dan pengelola media sosial khususnya bisa memilah dan mengolah baik timing maupun sudut pandang dalam setiap pengambilan dokumentasi.

“Humas sebagai ujung tombak berita dan dokumentasi kegiatan Polri, sehingga apa yang dilakukan oleh anggota dapat diketahui oleh masyarakat melalui media sosial,” lanjutnya.

Sementara itu Anizudin wartawan berita Antara sebagai narasumber memberikan beberapa materi atau pengetahuan tentang bagaimana mengambil foto yang baik dan benar yaitu dengan memperhatikan berbagai sudut maupun pencahayaan.

“Kali ini akan saya sampaikan beberapa tip dan trik memotret menggunakan smartphone, dikarenakan banyak anggota dilapangan yang mengambil dokumentasi menggunakan smartphone,” ujarnya.

Aniz mengungkapkan bahwa Istilah fotografi artinya melukis dengan cahaya, sehingga apabila mau memotret harus dipastikan memiliki pencahayaan yang cukup. Hal ini menjadi nomor 1 karena keterbatasan sensor kamera handphone yang ukurannya lebih kecil dari DSLR, baik itu APSC apalagi yang full frame.

“Karena ukurannya yang kecil, otomatis kemampuan menangkap cahayanya juga lebih sedikit. Oleh karena itu kita harus mengakalinya dengan memotret dalam lingkungan yang cukup terang,” terangnya.

Dalam kesempatan yang sama Bripka Kristianto Ngesti P, S.Kom, selaku pemberi materi ke 2, memberikan pengetahuan dan tatacara membuat Meme melalui aplikasi Handphone.

“Kita bisa mengetahui trending topic dimedia sosial melalui Google Trending dan Meme yang kita buat bisa menyesuaikan situasi yang terjadi,” ungkapnya.