Antisipasi Bencana Alam Pada Musim Penghujan, Kapolres Temanggung Ingatkan Kesiapan Personel

Antisipasi Bencana Alam Pada Musim Penghujan, Kapolres Temanggung Ingatkan Kesiapan Personel

  10 Okt 2022

Wartatemanggung.com. Temanggung – Hujan deras disertai dengan angin kencang yang terjadi hampir setiap hari di Kabupaten Temanggung memerlukan kesiapsiagaan seluruh komponen masyarakat dalam mengantisipasi segala kemugkinan yang terjadi seperti bencana alam dan lain sebagainya.

Kapolres Temanggung AKBP Agus Puryadi dalam apel jam pimpinan meminta kepada seluruh anggota Polri baik itu Polres maupun Polsek jajaran untuk selalu siap sedia dan cepat tanggap apabila terjadi suatu bencana.

“Sekarang hampir tiap hari di Kabupaten Temanggung cuaca mendung dan hujan deras disertai dengan angin kencang, walaupun bencana alam tidak kita inginkan namun kita harus selalu siap dan cepat tanggap dalam menanganinya sehingga dapat meminimalisir terjadinya korban maupun efektifitas dalam penanganannya,” ujarnya. Senin (10/10).

Lebih lanjut orang nomor satu di Polres Temanggung tersebut mengatakan kesiapan tidak hanya pada fisik semata namun juga peralatan serta sinergitas antar stoke holder dalam hal komunikasi dan koordinasi dilapangan juga harus terus dibangun sehingga tidak terjadi tumpang tindih dalam penanganannya.

“Komunikasi aktif antar instansi dapat memudahkan dalam berkoordinasi dan bergerak dilapangan sehingga penangananan suatu bencana akan tepat sasaran dan cepat,” lanjut Kapolres.

Dalam kesempatan yang sama Kapolres meminta anggotanya untuk selalu mengevalusi dalam pengamanan kegiatan masyarakat yang sudah sering dilakukan, sudah sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku atau belum sehingga pertanggungjawaban apabila ada suatu kejadian jelas.

“Sesuaikan Tindakan dilapangan dengan SOP yang berlaku, selalu ikuti arahan perwira pengendali dilapangan dan jangan mengambil kebijakan sendiri-sendiri,” ungkapnya.

Pada akhir amanatnya Kapolres meminta kepada anggotanya untuk selalu menjaga sinergitas antar sesama personil baik itu pada Bagian, Satuan maupun Fungsi yang ada sehingga terbentuk kekompakan dan rasa saling menghormati kemudian menjaga juga sinergitas antar instansi.

“Jalin kebersamaan dan silaturahmi sehingga dalam bertugas akan terasa ringan dan hasilnya bisa maksimal,” Pungkas Kapolres.

(Humas Polres Temanggung).