Cegah Bahaya Narkoba Sejak Dini, Sat Resnarkoba Polres Temanggung Gelar Sosialisasi di SMP Remaja Parakan

Cegah Bahaya Narkoba Sejak Dini, Sat Resnarkoba Polres Temanggung Gelar Sosialisasi di SMP Remaja Parakan

  25 Jul 2022

Wartatemanggung.com, Temanggung – Penyalahgunaan Narkoba merupakan salah satu penyebab timbulnya tindak kejahatan serta konflik di masyarakat, maraknya peredaran narkotika dan obat-obatan terlarang di berbagai daerah di Indonesia telah memakan banyak korban dan kecenderungan jumlah pengguna narkoba khususnya dikalangan generasi muda setiap tahun semakin meningkat, oleh sebab itu ikhtiar atau usaha dan upaya penyelamatan generasi muda sangat perlu dilakukan.

Kapolres Temanggung Polda Jateng AKBP Agus Puryadi, S.H.,S.I.K.,M.Si. melalui Kaur Bin Ops Satresnarkoba IPTU Budiman pada saat memberi sosialisasi di SMP Remaja Parakan menyampaikan bahwa dalam rangka mencegah peredaran narkoba dikalangan pelajar Polres Temanggung rutin melaksanakan Sosialisasi Penyuluhan tentang bahaya Narkoba serta akibat dan sangsi hukumnya dalam rangka Pencegahan, Pemberantasan dan Penanggulangan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Kegiatan Sosialisasi dilaksanakan setelah upacara bertempat dilapangan upacara yang diikuti oleh seluruh siswa maupun guru, kepada para siswa Budiman menjelaskan bahwa kegiatan tersebut sebagai sarana dalam membangun karakter pelajar yang disiplin agamis untuk menyongsong masa depan yang sukses sekaligus memberikan sosialisasi tentang bahaya Narkoba serta akibat dan sangsi hukumnya dalam rangka Pencegahan, Pemberantasan dan Penanggulangan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

“Sosialisasi secara langsung ke sekolah merupakan progam rutin dalam rangka penyuluhan bahaya Narkoba dan sangsi Hukum yang di atur sesuai dengan Undang-undang No.35 tahun 2009 tentang Narkotika dan UU No. 36 tahun 2009 tentang Kesehatan,” terangnya, Senin (25/7/22).

Lebih lanjut Budiman mengatakan bahwa selain narkoba banyak jenis obat-obatan yang tanpa ijin edar, kepada para siswa/i yang masih awam yang tidak mengetahui bahwa obat-obatan tersebut dapat merusak kesehatan dan dapat menyebabkan kematian diberikan contoh berupa gambar dan edukasi lainnya.

Selesai sosialisasi kegiatan di lanjutkan dengan deklarasi bersama para siswa , diharapkan siswa-siswi SMP Remaja Parakan sebagai generasi penerus bangsa dapat mengetahui dan mengerti sehingga dapat meminimalisir serta mencegah dan ikut berperan aktif dalam program Pencegahan, Pemberantasan dan Penanggulangan Peredaran Gelap Narkoba di Wilayah Hukum Polres Temanggung serta untuk meningkatkan kesadaran remaja akan peran pentingnya dalam menentukan masa depan bangsa.

Tidak lupa dalam kesempatan itu Budiman menyampaikan untuk menciptakan generasi muda yang bermartabat, bermoral dan berpretasi hendaknya para siswa dan siswi mengisi kegiatan dengan yang positif, misal mengikuti kegiatan organisasi osis, olah raga, kesenian dan lain-lain yang bersifat membangun.

(kangrozi)