40 Linmas Desa Karangseneng Ikuti Pelatihan Kesiapsiagaan Bencana

40 Linmas Desa Karangseneng Ikuti Pelatihan Kesiapsiagaan Bencana

  13 Jul 2022

Wartatemanggung.com, Temanggung – Bertempat di hutan wisata Desa Sigrowong Kecamatan Kandangan, pada Selasa (13/07/2022) telah dilaksanakan kegiatan Pelatihan dan Pemberdayaan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) tanggap bencana Desa Karangseneng Kecamatan Gemawang.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Camat Gemawang Marlini Tarigan, Kapolsek Jumo AKP Jianto, S.H, Danramil Jumo Kapten Arh Martinus R.N, Danposmil Peltu Sari.N serta Kades Desa Karangseneng Mislan beserta Perangkat desa, Linmas Desa Karangseneng.

Kegiatan Pelatihan dan Pemberdayaan Satlinmas Desa Karangseneng dikuti oleh seluruh Linmas Desa Karangseneng Kecamatan Gemawang sejumlah 40 orang. Acara pembukaan pelatihan di buka oleh Camat Gemawang Marlini Tarigan, yang kemudian dilanjutkan materi pelatihan.

Kapolsek Jumo Polres Temanggung Polda Jateng AKP Jianto,SH., selaku Narasumber memberikan materi tentang apa itu Sat Linmas dan apa tugas – tugasnya. Kapolsek Jumo menjelaskan, sesuai dengan peraturan menteri dalam negeri, Satlinmas adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana, untuk mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, serta kegiatan sosial kemasyarakatan.

“Dalam hal membantu memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat maka satlinmas menjadi pendukung utama atau bisa dikatakan garda terdepan Kepolisian, setiap ada keramaian maka linmas harus ada disitu,” ucap AKP Jianto.

Selain itu, AKP Jianto,SH. menjelaskan beberapa fungsi linmas diantaranya membantu membina masyarakat untuk sadar hukum, membantu pemerintah daerah, membantu Kepolisian dalam harkamtibmas, dan membantu TNI dalam upaya pertahanan Negara.

Pada kesempatan itu Kapolsek juga mensosialisasikan aplikasi CAS untuk menunjang kecepatan laporan dari warga masyarakat.

Pelaksanaan kegiatan Pelatihan dan Pemberdayaan Satuan Perlindungan Masyarakat selesai hingga pukul 16.00 Wib berjalan tertib dan aman.

(kangrozi)