Jamin Keamanan Ibadah Kenaikan Isa Almasih, Polres Temanggung Sterilisasi Gereja

Jamin Keamanan Ibadah Kenaikan Isa Almasih, Polres Temanggung Sterilisasi Gereja

  26 Mei 2022

Wartatemanggung.com, Temanggung – Jelang peringatan Kenaikan Isa Almasih, Polres Temanggung Polda Jateng melaksanakan sterilisasi gereja. Sterilisasi bertujuan untuk menjaga keamanan dan kondusivitas saat kegiatan berlangsung.

“Sterilisasi gereja kami lakukan untuk memastikan tidak ada benda mencurigakan dan membahayakan, baik di lingkungan luar maupun dalam gereja. Hal tersebut guna menjaga keamanan dan kondusivitas saat peringatan Kenaikan Isa Almasih”, kata Kasat Samapta Polres Temanggung AKP Suwondo, Kamis (26/5/2022).

Dalam kegiatan itu, sejumlah personel kepolisian melakukan penyisiran di area gereja. Setiap sudut gereja dicek menggunakan alat pelacak metal detector dan Anjing Pelacak Unit K-9.

Di sela kegiatan sterilisasi di Gereja GPDI Pantekosta Temanggung, Gereja Kristen Indonesia, Gereja Kristen Jawa (GKJ), Gereja Katholik Santo Petrus dan Gereja Keluarga Kudus Parakan, para pengurus gereja menyampaikan ucapan terima kasih kepada Polres Temanggung. Baginya, kegiatan sterilisasi merupakan bentuk perhatian Kepolisian kepada jemaat Gereja.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Jajaran Polres Temanggung yang telah melaksanakan sterilisasi gereja jelang peringatan Kenaikan Isa Almasih. Semoga kegiatan nanti dapat berjalan dengan aman dan lancar,” ucapnya.

Kapolres Temanggung AKBP Agus Puryadi, mengungkapkan pihaknya siap memberikan pelayanan pengamanan selama peringatan Kenaikan Isa Almasih bagi umat Nasrani di Kabupaten Temanggung. Pihaknya akan menempatkan personel di tiap gereja.

“Proses pengamanan di setiap gereja akan dilakukan secara terbuka maupun tertutup. Kami juga akan bersinergi dengan TNI dan Pemerintah Daerah”, katanya.

Kapolres menyatakan, pihaknya akan melaksanakan pengamanan rangkaian peringatan Kenaikan Isa Almasih secara maksimal dan proporsional. Dengan demikian, situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah Temanggung tetap dalam keadaan kondusif.

(kangrozi)