Perkuat Kamtibmas di Desa Tlahap, Para Anggota Linmas Ikuti Pelatihan Dari Polsek Parakan

Perkuat Kamtibmas di Desa Tlahap, Para Anggota Linmas Ikuti Pelatihan Dari Polsek Parakan

  31 Mar 2022

Wartatemanggung.com, Temanggung – Untuk meningkatkan kapasitas dan pemberdayaan Sat Linmas (Satuan Perlindungan Masyarakat) di wilayah Kabupaten Temanggung, Polsek Parakan Polres Temanggung memberikan pembinaan dan penyuluhan terhadap anggota Linmas bertempat di Aula Balai Desa Tlahap Kecamatan Kledung, Kamis (31/3/2022).

Tujuan kegiatan itu adalah untuk meningkatkan koordinasi antara Linmas dengan pemerintah Kabupaten Temanggung berkaitan dengan penanganan bencana dan ketertiban masyarakat mengingat saat ini sering terjadi bencana alam yang diakibatkan hujan.

Kapolres Temanggung, Polda Jateng AKBP Burhanuddin melalui Kapolsek Parakan AKP Sugiyanto mengatakan bahwa Linmas merupakan warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan serta kesadaran tinggi untuk memelihara Kamtibmas, melaksanakan kegiatan penanganan bencana serta berpartisipasi dengan kegiatan sosial kemasyarakatan.

“Tugas pokok Linmas adalah sebagai kekuatan rakyat yang terlatih mempunyai tugas pokok membantu tugas Polri dalam tugasnya dibidang pemeliharaan Kamtibmas”, tuturnya.

“Selaian tugas pokok, Linmas juga mempunyai fungsi utama yaitu melindungi masyarakat, memberikan bantuan keamanan dalam hal kejadian bencana alam”, lanjut AKP Sugiyanto.

Selain bimbingan materi, Linmas Desa Tlahap tersebut juga dibekali dengan pelatihan tehnik tentang cara baris berbaris yang dipandu oleh Kanit Binmas Polsek Parakan Aiptu Setyo dan Bhabinkamtibmas Bripka Andi.

Selain itu, Kapolsek juga menyampaikan bahwa sebagai fungsi pembinaan maka Unit Binmas Polsek Parakan selalu hadir di tengah masyarakat untuk memberikan pembinaan dan penyuluhan kepada Linmas agar Linmas mengerti dan memahami tugas yang diembannya serta selalu berkoordinasi dengan Polri untuk menjaga situasi tetap aman kondusif

“Dengan diadakan sosialisasi maupun pelatihan ini diharapkan anggota Linmas dapat memahami dan mampu melaksanakan tugas secara tegas, tepat, dan disiplin”, pungkas AKP Sugiyanto.

(kangrozi)