Pimpin Tradisi Pembaretan, Kapolres : Selalu Jaga Kekompakan, Tanggap dan Kenali Lingkungan Tinggal dan Bertugas

Pimpin Tradisi Pembaretan, Kapolres : Selalu Jaga Kekompakan, Tanggap dan Kenali Lingkungan Tinggal dan Bertugas

  27 Mar 2022

Wartatemanggung.com, Temanggung – Polres Temanggung, Polda Jateng menggelar tradisi pembaretan para personel bintara baru lulusan tahun 2021. Kegiatan ini diisi dengan long march 17 km dan lintas medan yag diikuti 20 personel yang dimulai pukul 14.00 WIB dari Cagar Budaya Tuk Budoyo tepatnya di Desa Losari, Kecamatan Tlogomulyo, Kabupaten Temanggung dan finish di Mapolres Temanggung pukul 15.00 WIB, Minggu (27/3/2022).

Dalam tradisi pembaretan ini, Kapolres Temanggung AKBP Burhanuddin bertindak sebagai inspektur upacara dengan dihadiri Wakapolres Temanggung Kompol Ahmad Ghifar Al Ahfaqsyi serta para kabag dan kasat.

Dalam amanatnya, Kapolres menyatakan esensi dari pelatihan ini yaitu mengenalkan wilayah sebagai wujud kesiapsiagaan dalam pelaksanaan tugas kedepannya.

“Pelaksanaan tradisi pembaretan bagi brigadir remaja sangat perlu dilaksanakan, karena untuk bekal pengetahuan perorangan akan peraturan perundang-undangan, peraturan kepolisian serta yang lebih utama yaitu meningkatkan stamina para brigadir remaja agar selalu dalam kondisi fit atau siap”, tuturnya.

“Dengan latihan yang terjadwal dan terukur, melatih mental serta kemahiran dalam menggunakan peralatan yang mendukung dalam pelaksanaan tugas sehingga ke depan dapat menjawab serta menghadapi tantangan tugas-tugas kepolisian secara lebih profesional dan proposional”, ujar Kapolres.

Selain itu, Kapolres menambahkan bahwa pelaksanaan tugas sebagai anggota Polri tidak mengenal waktu. Kapan dan dimana para personel dibutuhkan, tentunya harus siap. Kehadiran para personel di tengah masyarakat harus dalam kondisi siap untuk melayani yang menjadi kesulitan atau permasalahan yang terjadi di lingkungan.

“Selalu jaga kekompakan, tanggap dan kenali lingkungan dimana kita tinggal dan bertugas. Tugas dan citra baik kepolisian di masa mendatang ada di pundak para bintara muda”, pesan AKBP Burhanuddin.

(kangrozi)