Personel Polres Temanggung Jalani Rikkes Berkala 2022

Personel Polres Temanggung Jalani Rikkes Berkala 2022

  21 Mar 2022

Wartatemanggung.com, Temanggung – Pastikan kondisi kesehatan personel tetap aman, Tim Kesehatan Sidokkes Polres Temanggung bekerjasama dengan Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokes) Polda Jateng serta Kualita Medika Laboratoriun Klinik dan Medical Check Up Semarang melakukan pemeriksaan kesehatan berkala kepada Anggota Polres Temanggung dan jajaran Polsek yang dilaksanakan di Aula Sindoro Sumbing Mapolres, Senin (21/3/2022).

Kapolres Temanggung Polda Jateng AKBP Burhanuddin mengatakan, tujuan pemeriksaan kesehatan secara berkala yaitu untuk mengecek secara dini kondisi kesehatan anggota, karena semakin awal diketahui jika terdapat penyakit atau gangguan kesehatan, maka semakin cepat proses penanganannya. Selain itu sebagai rekomendasi pimpinan dalam penempatan anggota sesuai dengan kondisi kesehatannya dan sebagai rujukan kepada anggota yang akan mengikuti Dikbang Karier atau Spesialis

“Rikkes berkala selain untuk memantau perkembangan kesehatan juga sebagai syarat nilai dalam pendidikan pengembangan, karena pemeriksaan ini masuk dalam 13 Komponen SDM unggul yang masing-masing personel harus memiliki nilai diatas rata-rata yang sudah ditentukan”, katanya.

“Jika diketahui ada yang memiliki penyakit atau gangguan kesehatan maka akan diberikan rujukan atau rekomendasi untuk melakukan pengobatan lebih lanjut. Sehingga tidak menjadi kronis dan berdampak buruk kepada anggota tersebut,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Tim Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Katim Biddokes) Polda Jateng dr. Widi mengatakan, pemeriksaan kesehatan berkala ini difokuskan pada pemeriksaan fisik berupa Tensi Darah, EKG (Elektrokardiogram), Treadmill, Gigi, Darah, Urin dan Kesehatan Kejiwaan (keswa). Sedangkan hasilnya, nanti akan dikirim kembali ke masing-masing Satker sekitar satu minggu ke depan dan disampaikan pula agar seluruh anggota dapat menjaga pola hidup, pola makan serta pola istirahat yang sehat maupun teratur.

“Jangan takut untuk memeriksakan kesehatan, karena kesehatan perlu diketahui sejak dini guna pengambilan langkah-langkah penanganan lebih lanjut”, tuturnya.

Ditempat yang sama, Kasi Dokkes Polres Temanggung IPDA Dandoek Gutomo menyampaikan, bahwa kegiatan ini sebagai upaya untuk memastikan kondisi kesehatan personel tetap sehat dan prima serta untuk memaksimalkan pelaksanaan tugas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Tubuh yang kuat dan sehat akan berdampak terhadap badan serta pikiran yang sehat sehingga menjadi salah satu penunjang kinerja yang efektif”, pungkasnya.

(kangrozi)