Menjelang Perayaan Natal dan Tahun Baru, Polres Temanggung Laksanakan Forum Group Discusuon

Menjelang Perayaan Natal dan Tahun Baru, Polres Temanggung Laksanakan Forum Group Discusuon

  15 Des 2021

Wartatemanggung.com, Temanggung – Untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat menjelang Perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, Satbinmas Polres Temanggung menggelar Focus Group Discussion (FGD), Rabu (15/12/2021).

Kegiatan berlangsung di rumah makan Omah Kebon Temanggung dan dipimpin Kabagren Kompol Nursaja’ah, Ketua FKUB KH Ahmad Soleh, Kepala Kemenag Kabupaten Temanggung H Ahmad Mundzir, Kasatbinmas Polres Temanggung AKP Sri Suryani, Tokoh Lintas Agama, Perwakilan Penyuluh Agama Kabupaten Temanggung, Perwakilan Bhabinkamtibmas Jajaran Polres Temanggung seeta Perwakilan Babinsa Kodim 0706/Temanggung.

“Kegiatan Focus Group Discussion (FGD) ini dilaksanakan dalam rangka kesiapan pengamanan menjelang Perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022,” ungkap Kompol Nursaja’ah saat membuka kegiatan tersebut.

Ia mengatakan, dari kegiatan ini seluruh elemen masyarakat diharapkan dapat bersama-sama berperan aktif dalam menjaga kamtibmas, sehingga Kabupaten Temanggung yang kita cintai tetap aman dan kondusif.

“Alhamdulillah di wilayah kita tidak terjadi kejadian menonjol yang bisa berdampak pada kerumunan dan kedamaian antar umat beragama di Kabupaten Temanggung. Hal ini patut kita syukuri dan harus kita jaga bersama,” ujarnya.

“Saat ini covid 19 sudah berada di level satu namun demikian kita tidak boleh lengah, dalam kesempatan ini saya ingin mengimbau agar dalam setiap pelaksanaan kegiatan masyarakat selalu memperhatikan protokol kesehatan”, jelasnya.

Kepala Kemenag Kabupaten Temanggung Ahmad Muhdzin menyampaikan bahwa Perayaan Natal dan Tahun baru adalah perayaan agama saudara kita. Oleh karena itu kita harus menjaga bersama-sama agar prosesi perayaan tersebut bisa berjalan dengan lancar.

“Kita patut bersyukur dilahirkan di Indonesia, karena Indonesia adalah negara yang besar dan masyarakat sering bilang Indonesia adalah cuilan surga karena banyak sumber daya alam yang tersimpan di bumi pertiwi ini,” tuturnya.

Selain itu, Ketua FKUB Kabupaten Temanggung Ahmad Sholeh dalam sambutanya menyampaikan menjelang tahun baru agar ukhuwah insania (persaudaraan sesama umat) dan ukhuwah wathaniah (persaudaraan sesama anak bangsa) harus tetap kita jaga.

Melihat juga pelaksanaan ibadah Natal bagi saudara-saudara umat Kristiani di Kabupaaten Temanggung, dari tahun ke tahun selalu berlangsung dengan aman dan lancar, namun juga pengawasan baik itu oleh pihak internal dan eksternal perlu juga untuk dilakukan.

“Komunikasi tetap terus kita jalankan, tidak hanya menjelang perayaan hari-hari besar umat beragama, hal ini memang bertujuan untuk mengawal kebersamaan dan persatuan,” ungkapnya.

“Mari kita tananamkan mental agama yang moderat terhadap keluarga maupun masyarakat di sekitar kita dan toleransi antar umat beragama,” pungkas Ketua FKUB Kabupaten Temanggung.

(kangrozi)