Puluhan Bangunan Milik Warga Parakan Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

Puluhan Bangunan Milik Warga Parakan Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

  03 Des 2021

Wartatemanggung.com, Temanggung – Akibat angin puting beliung, belasan rumah di Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung mengalami kerusakan pada Kamis (2/12/2021) sore.

Kapolres Temanggung Polda Jateng AKBO Burhanuddin melalui Kapolsek Parakan AKP Sugiyanto menerangkan, angin puting beliung terjadi sekitar pukul 4 sore. Berawal angin dari arah atas Rumah Sakit Ngesti Waluyo dan terjadi sangat cepat, hanya sekitar 4 menit.

“Saat itu mendung hitam menyelimuti wilayah Kecamatan Parakan sehungga terjadi angin puting beliung di dua lokasi, yaitu Parakan Wetan dan Wanutengah,” terangnya, Jumat (3/12/2021).

Sementara itu, Sugiyanto menambahkan, bangunan yang mengalami kerusaian diantaranya rumah milik Rohadi, dealer mobil milik Kardi dan BPR Surya Yudha Parakan.

Sesaat sebelum kejadian, mendung hitam menyelimuti wilayah Kecamatan Parakan, bahkan terekam video adanya pusaran angin yang berada di langit. Setelah itu, kemudian, datang angin yang sangat kecang dari arah Selatan atau dari arah Gunung Sumbing. Kencangnya angin itu, membuat atap rumah dan pertokoan di Jalan Raya Parakan-Kedu rusak.

“Data pasti memang belum ada, namun kami perkirakan lebih dari sepuluh rumah yang mengalami kerusakan yang cukup parah dan sedang serta kerugian materiil ditaksir mencapai Rp. 28 juta,” pungkasnya.

(kangrozi)