Kedepankan Sikap Humanis, Tiga Pilar di Temanggung Lakukan Penyekatan PPKM Darurat Sambil Bagikan Sembako

Kedepankan Sikap Humanis, Tiga Pilar di Temanggung Lakukan Penyekatan PPKM Darurat Sambil Bagikan Sembako

  21 Jul 2021

Wartatemanggung.com, Temanggung – Pemerintah resmi memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). PPKM diputuskan sampai dengan tanggal 25 Juli 2021 dan pelonggaran akan dilakukan pada tanggal 26 Juli 2021 jika kasus menurun.

Keputusan tersebut disampaikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam keterangannya secara virtual, Selasa (20/7) malam.

Setelah ada kepastian tentang perpanjangan PPKM tersebut, Polres Temanggung bersama dengan TNI, Dinas Perhubungan Kabupaten Temanggung dan jajaran terkait, melaksanalan penyekatan di seputaran Pasar Kranggan Temanggung. Rabu (21/7).

Penyekatan ini dimaksudkan agar bisa menekan penyebaran laju penularan Covid-19 khususnya di wilayah Kabupaten Temanggung.

“Kita tetap memperbolehkan tenaga kesehatan maupun sektor yang terkait dengan masalah rumah sakit itu, kemudian yang terkait logistik, makanan minuman kebutuhan sehari-hari itu lolos,” kata Kasatlantas AKP Muhammad Fadhlan disela-sela tugasnya.

“Kita juga memasang stiker yang bertuliskan esensial dan kritikal dikendaraan yang melintas setelah kita pastikan bahwa yang dibawa benar-benar sektor esensial dan kritikal,” sambungnya.

Perlu diketahui bersama, Sektor Kritikal diantaranya adalah, Kesehatan, Keamanan, Penangan Bencana, Energi, Logistik dan Distribusi Industri Makanan, Petrokimia, Smen, Obvitens, Proyek Strategis, Konstruksi , Listrik, air dan sampah.

Sedangkan Sektor Esensial diantaranya, Keuangan, Perbankan, Pasar Modal, Teknologi Informasi, Hotek non karantina dan Industri Ekspor.

Selain melakukan penyekatan, Polres Temanggung juga memberikan bantuan paket sembako kepada masyarakat yang terkena penyekatan dan tentunya masyarakat yang terdampak covid-19.

Suprapti, pengguna jalan yang mendapatkan paket sembako mengatakan, “ Terima kasih kepada Polres Temanggung yang telah memberikan bantuan paket sembako, ini sungguh sangat bermanfaat sekali bagi kami ,” ucapnya.

Sementara Sumadi, seorang pengguna jalan yang akan menuju ke Wonosobo mengatakan, “Saya bisa meneruskan perjalanan karena membawa bukti vaksinasi, kebetulan saya sudah mendapatkan vakisnasi dosis ke dua,” katanya.

Ia menambahkan, walaupun berat dirasakan, tetapi ia mendukung perpanjangan PPKM ini.

“Semoga dengan perpanjangan PPKM ini, penularan Covid-19 dapat turun, sehingga pandemic ini bisa segera berakhir,” tutupnya.

(GUN)